Rabu, 21 September 2011

12 Cara menyisir kucing berbulu panjang

Mungkin, pada suatu hari Anda kebetulan melihat seekor kucing cantik berbulu panjang milik orang, yang memiliki bulu halus dan lembut, serta melambai-lambai diterpa angin. Apakah Anda memandangnya dengan perasaan iri dan menginginkannya? Mengapa kucing yang Anda pelihara tidak memiliki bulu seindah dan semengkilap milik orang tersebut, dan tidak bisa menyisir supaya bulunya bisa halus, cerah dan seperti habis di-blow? Atau setiap kali, pada saat Anda akan menyisir bulu kucing Anda, dia selalu menyeringai menunjukkan taringnya dan membuka mulutnya lebar-lebar. Atau kucing Anda segera menunjukkan cakarnya dan mencakar Anda? Kucing yang memiliki bulu pendek, pada waktu menyisir tidak begitu menjadi masalah. Tetapi kucing yang berbulu panjang, mempunyai bulu halus, panjang dan lemes, serta mudah menjadi kusut. Oleh sebab itu, jika menyisir kucing berbulu panjang ini benar-benar merupakan suatu pekerjaan yang cukup memusingkan.
Akan diberikan 12 cara praktis untuk menyisir bulu kucing berbulu panjang untuk Anda  sekalian, agar kucing kesayangan Anda bisa mempunyai bulu yang lembut, cantik, dan jika ditiup angin bisa melambai-lambai.
1.Gunakan kapas yang diberi sedikit air hangat agar basah, lalu secara perlahan diusapkan ke mulut, pipi, mata, dan kotoran di sudut-sudut mata kucing. Agar mata kucing menjadi bersih dan bersinar-sinar.
2.Gunakan kapas yang diberi sedikit baby oil, untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga bagian dalam kucing. Lakukan hal ini dengan lembut (jangan memakai tenaga keras), untuk menghindari agar kucing menjadi tegang dan merasa tidak enak pada saat telinganya dibersihkan. Jika dalam telinga kucing sangat kotor, bboleh diberi beberapa tetes baby oil untuk dimasukkan ke dalam telinga kucing, supaya kotoran yang keras yang ada di dalam bisa menjadi lemas. Jika sudah selesai, kucing tersebut biasanya berusaha untuk menggeleng-gelengkan kepalanya, dia akan berusaha supaya barang yang di dalam telinganya itu bisa terlempar keluar. Sebaiknya Anda melakukan pembersihan, pada saat kucing selesai menggeleng-gelengkan kepalanya.
3.Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengguntingan kuku si kucing. Pada waktu itu, kita harus dengan lembut menekan telapak kaki si kucing, agar kuku (cakar)-nya keluar. Di dalam kuku kucing, terdapat pembuluh-pembuluh darah yang halus. Oleh sebab itu, dalam mengerjakan pengguntingan kuku ini, sebisa mungkin di tempat yang terang.
4.Kalau Anda merasa kurang percaya diri untuk melakukan pengguntingan kuku si kucing, sebaiknya minta tolong pada dokter hewan untuk memberikan contoh, untuk menghindari kucing menjadi ketakutan. Pada waktu menggunting kuku kucing, sebaikny Anda menggunakan gunting kuku yang khusus untuk kucing, untuk menghindari agar cakar kucing tersebut tidak retak.
5.Sebaiknya Anda memakai sisir jarum untuk menyisir bulu yang rontok di permukaan tubuh kucing, atau yang berada di bagian dalam (dekat kulit kucing). Untuk membersihkan bulu dalam yang tipis dan halus supaya rontok, jangan terlalu keras. Juga, pada saat memakai sisir jarum untuk menyisir bulu kucing, haruskan menempel ke kulitnya. Pada saat menyisir bulu tidak boleh sembarangan, harus datar. Hal ini untuk menjaga supaya ujung sisir jarum yang lancip itu tidak melukai kulit kucing.
6.Selanjutnya, gunakan sisir kayu untuk menyisir bulu dari kepala terus sampai ke ekor si kucing. Jangan lupa menyisir bulu yang berada di bawah ketiak dan di bagian pantat, karena di bagian ini, bulunya paling mudah kusut. Guna sisir ini, selain bisa membuka bulu kucing yang kusut, juga bisa menghilangkan kutu-kutu kecil.
7.Berikan baby powder (bedak bayi) di seluruh badan kucing, agar bulu kucing tersebut bisa mudah di atur
8.Gunakan kedua tangan Anda untuk membelai tubuh kucing, supaya baby powder itu masuk ke dalam kulit, supaya baby powder tersebut bisa menempel di kulit kucing.
9.Gunakan sisir kayu secara hati-hati dan lembut untuk menyisir bulu luarnya, juga bersihkan sisa baby powder pada bulunya. Pada waktu ini, bulu kucing bisa mendapatkan hasil yang maksimal bagusnya.
10.     Gunakan sisir untuk menata bulu atau sisir jarum untuk menyisir seluruh tubuh kucing, agar bulu yang panjang itu bisa tampak mengembang.
11.Gunakan sikat gigi untuk menyisir bulu kucing yang ada di wajah kucing. Jika bulu kucing pada saat di sisir menjadi tegak, ini bisa membuat kucing kelihatan lebih segar dan bersemangat. Yang harus kita perhatikan adalah jangan disikat dekat dekat dengan mata, supaya tidak melukai mata si kucing.
12.    Sesudah bulu kucing Anda menjadi indah dan kemilau, jangan lupa, Anda harus membelainya dengan penuh kasih sayang, karrena dengan perlakuan ini, dia bisa mengerti bahwa Anda memuli dia.
http://www.balipetmedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar